Mencoba Microsoft SkyDrive di MAC OS X

20.54 0 Comments

Sambil menunggu account Google Drive saya aktif, tidak ada salahnya untuk mencoba alternatif cloud storage yang ditawarkan oleh Microsoft: SkyDrive.  Storage yang diberikan kapasitasnya cukup besar, 25 GB, gratis.  Layanan ini dapat diakses menggunakan browser dengan alamat skydrive.live.com.  Anda harus memiliki account Live ID atau Hotmail agar dapat menggunakan layanan ini.  Account Live ID dapat diperoleh secara gratis.
Selain diakses melalui browser, bisa juga menggunakan SkyDrive apps, yang saat ini disediakan untuk platform Windows atau Mac.  Saya mencoba menginstall SkyDrive app untuk Mac.  Setelah didownload, drag aplikasinya ke folder Application.  Saat SkyDrive app dijalankan, akan muncul folder SkyDrive di sidebar Finder anda.  Folder tersebut akan disinkronisasi secara otomatis dengan SkyDrive cloud storage.
Untuk mengupload file, drag file tersebut ke dalam folder SkyDrive.  Anda juga bisa menyusun file anda dalam sub-folder.  Saya mencoba mengupload slide materi kuliah Algoritma dan Pemrograman saya, dalam folder SkyDrive > Materi Kuliah > Algoritma dan Pemrograman.
Aplikasi SkyDrive saat dijalankan akan muncul sebagai icon di menubar sebelah kanan atas.  Anda bisa melihat proses apa yang sedang dikerjakan oleh aplikasi ini.  Setelah seluruh slide saya terupload, saya bisa mengeceknya dengan membuka SkyDrive menggunakan browser.
Dokumen yang sudah terupload (terutama file Word Documents, PowerPoint, Excel) dapat dibuka melalui browser.  Anda juga dapat mengeditnya langsung.  Saat saya mencoba membuka salah satu file yang saya upload (Alpro-02.pptx), tampilannya akan seperti berikut:
File yang sudah diupload juga bisa dishare, bahkan kita dapat mengizinkan beberapa orang untuk mengedit dokumen yang kita miliki.
Anda bisa mengakses slide Alpro02.pptx saya yang di SkyDrive melalui linkini.
Layanan cloud storage seperti ini sangat menarik karena kapasitas yang ditawarkan cukup besar dan gratis.  Kendala paling besar menurut saya adalah koneksi Internet.  Layanan ini akan sangat nyaman diakses bila anda memiliki koneksi Internet yang lumayan (misalnya 1 Mbps upstream dan downstream).

0 komentar: